Senin, 12 November 2012





PEMANFAATAN MINYAK TUMBUHAN JARAK PAGAR





Nama : Yanuar Akbar Wardoyo
Kelas  : XI IPA 3.
No      : 32

SMA NEGERI 2 UNGARAN
2012/2013




KATA PENGANTAR
         Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya, sehingga saya berhasil menyelesaikan makalah yang berjudul “PEMANFAATAN MINYAK TUMBUHAN JARAK PAGAR” tepat pada waktunya.
          Makalah ini berisi mengenai kandungan, alat yang diperlukan untuk menghasilkan minyak tumbuhan jarak pagar, cara membuat minyak tumbuhan jarak pagar dan pembuatan biodiesel serta manfaat minyak tumbuhan jarak pagar. Saya berharap makalah ini dapat menambah ilmu pengetahuan dan wawasan pembaca mengenai pemanfaatan minyak tumbuhan jarak pagar. 

         Akhir kata, saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.


  
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR……………………………………………….…………….i
DAFTAR ISI........................................................................................................ii                
BAB I
PENDAHULUAN………………………………………………………………....1
A.    Latar Belakang…………………………………………………………………..1
B.     Perumusan Masalah………………………………………………………...........3
C.     Tujuan…………………………………………………………………………...3
BAB II
PEMBAHASAN…………………………………………………………………...4
A.    Kandungan Minyak Tumbuhan Jarak Pagar……………………………………....4
B.     Alat Yang Diperlukan Untuk Menghasilkan Minyak Tumbuhan Jarak Pagar…........6
C.     Cara Membuat Minyak Tumbuhan Jarak Pagar dan Pembuatan Biodiesel…….......6
D.    Manfaat Minyak Tumbuhan Jarak Pagar…………………………………….........8
BAB III
PENUTUP………………………………………………………………………….9
A.    Kesimpulan……………………………………………………………………....9
B.     Saran………………………………………………………………………….....9
DAFTAR PUSTAKA………………………………………………………….......10




BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
      Kebutuhan akan energi saat ini sangatlah banyak. Hal ini dikarenakan banyaknya pemenuhan kebutuhan manusia dengan menggunakan energi yang cukup besar. Biasanya energi yang digunakan sehari - hari dalam kehidupan manusia berasal dari berbagai macam sumber daya. Sumber daya tersebut terdiri dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui dan sumber daya yang dapat diperbarui. Energi yang paling dominan digunakan oleh kehidupan manusia adalah energi yang berasal dari sumber daya alam, seperti: minyak bumi dapat diolah menjadi bahan bakar minyak tanah, bensin (solar, premium, pertamax), gas elpiji, batu bara dapat digunakan sebagai bahan bakar lokomotif dan sebagai sumber pembuatan energi listrik, dan lain sebagainya. Namun apabila energi yang berasal dari sumber daya alami digunakan secara terus-menerus, lama kelamaan energi yang digunakan akan habis hal ini mengingat bahwa sumber daya alam tidak dapat diperbarui dan diperbanyak jumlahnya. Maka dari itu kita harus bersikap hemat dan bijaksana dalam menggunakan energi yang berasal dari sumber daya alam. Semakin kita hemat dan bijaksana dalam penggunaan energi maka sumber daya alam akan terpelihara jumlahnya walaupun sedikit demi sedikit selalu berkurang. Adanya kemajuan zaman saat ini menjadikan jumlah sumber daya alam semakin sedikit dan hampir habis hal ini dikarenakan jumlah pemenuhan kebutuhan sehari - hari manusia sangatlah besar serta manusia sudah tidak lagi mengingat bahwa dalam menggunakan energi yang berasal dari sumber daya alam harus bijaksana dan hemat. Semakin majunya era globalisasi manusia sudah tidak lagi menghiraukan jumlah sumber daya alam serta mengeksploitasi secara besar - besaran dan tidak berfikir panjang akan kegunaan sumber daya alam bagi anak cucu kita di kelak masa depan. Semakin terbatasnya jumlah sumber daya alam maka manusia sudah tidak tinggal diam lagi untuk menemukan sumber energi alternatif yang berasal dari sumber daya yang dapat diperbarui. Daya inovatif manusia sangat besar agar dapat terhindar dan tidak bergantung secara terus menerus kepada sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui sehingga manusia dapat menciptakan energi alternative, seperti: penemuan bahan bakar kendaraan yang berasal dari air, penemuan energi alternative Biogas serta bahan bakar yang berasal dari minyak tumbuhan jarak pagar. Dengan adanya berbagai macam sumber energi alternatif yang sudah banyak ditemukan guna menunjang pemenuhan kebutuhan manusia sudah dapat diperkirakan kelak di masa depan manusia sudah tidak bergantung kepada energi yang dihasilkan oleh sumber daya alam. Pada makalah yang saya buat ini akan membahas tentang “Pemanfaatan Minyak Tumbuhan Jarak Pagar”.

B.     Perumusan Masalah
Berpijak dari latar belakang yang telah dijelaskan maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut:
1.      Energi alternatif apakah yang dapat digunakan untuk mengatasi terbatasnya sumber energi?
2.      Bagaimanakah cara pemanfaatan minyak tumbuhan jarak pagar menjadi sumber energi?

C.     Tujuan
A.    Bagi Siswa:
1.      Untuk menambah pengetahuan dalam rangka mencari sumber energi alternative sebagai tugas untuk memenuhi makalah TIK.
2.      Untuk menambah wawasan tentang pembuatan sumber energi alternative.
3.      Untuk menanamkan sikap kreatif dan inovatif dalam pembuatan sumber energi alternatif .
B.     Bagi Guru:
1.      Untuk mengetahui perkembangan pengetahuan siswa dalam rangka mencari sumber energi alternatif.
2.      Untuk mengetahui wawasan siswa tetang pembuatan sumber energi alternatif.
3.      Sebagai pendorong perkembangan sikap kreatif dan inovatif siswa dalam pembuatan sumber energi alternatif.
C.     Bagi Masyarakat:
1.      Untuk menambah pengetahuan tentang sumber energi alternatif.
2.      Untuk menanamkan sikap kreatif dan inovatif dalam pembuatan sumber energi alternatif.
3.      Untuk memberikan kesadaran pentingnya akan energi alternatif untuk masa depan




BAB II
PEMBAHASAN


A.    Kandungan Minyak Tumbuhan Jarak Pagar

       Jarak pagar (Jatropha curcas L, Euphorbiaceae) merupakan tumbuhan semak berkayu yang banyak ditemukan di daerah tropik. Tumbuhan ini dikenal sangat tahan kekeringan dan mudah diperbanyak dengan stek. Walaupun telah lama dikenal sebagai bahan pengobatan dan racun, saat ini makin mendapat perhatian sebagai sumber bahan bakar hayati untuk mesin diesel karena kandungan minyak bijinya. Peran yang agak serupa sudah lama dimainkan oleh kerabatnya, jarak pohon (Ricinus communis), yang bijinya menghasilkan minyak campuran untuk pelumas. Jarak pagar dipandang menarik sebagai sumber biodiesel karena kandungan minyaknya yang tinggi, tidak berkompetisi untuk pemanfaatan lain (misalnya jika dibandingkan dengan kelapa sawit atau tebu), dan memiliki karakteristik agronomi yang sangat menarik.
Kandungan minyak bijinya dapat mencapai 63%, melebihi kandungan minyak biji kedelai (18%), linseed (33%), rapa (45%), bunga matahari (40%) atau inti sawit (45%).     

Kandungan Asam Lemak Pada Minyak Jarak Pagar
No.
Jenis Asam Lemak
Komposisi (%)
1.
Asam Miristat
0-0,1
2.
Asam Palmitat
14,1-15,3
3.
Asam Stearat
3,7-9,8
4.
Asam Arachidic
0-0,3
5.
Asam Behidic
0-0,2
6.
Asam Palmitoleat
0-1,3
7.
Asam Oleat
34,3-45,8
8.
Asam Linoleat
29,0-44,2













Sebagai biodiesel, minyak biji jarak pagar perlu diproses dengan metilasi terlebih dahulu, sebagaimana minyak nabati lain.

B.     Alat Yang Diperlukan Untuk Menghasilkan Minyak Tumbuhan Jarak Pagar
      Alat  yang diperlukan untuk mengolah biji tumbuhan jarak pagar yaitu dibagi menjadi 2 yaitu, berdasarkan cara yang pertama dan cara yang kedua. Alat yang digunakan untuk mengolah biji tumbuhan jarak pagar berdasarkan cara yang pertama adalah alat penggiling dan alat pemecah biji yang berfungsi sebagai pemisah antara daging dan kulit biji jarak pagar. Selain itu juga alat yang digunakan untuk mengolah biji tumbuhan jarak pagar berdasarkan cara yang kedua adalah menggunakan mesin blender dan alat tempa minyak yang berguna untuk pemerasan hingga menghasilkan minyak yang berasal dari biji tumbuhan jarak.
Cara 1:  menggunakan alat penggiling dan alat pemecah biji
Cara 2: menggunakan mesin blender dan alat tempa minyak

C.     Cara Membuat Minyak Tumbuhan Jarak Pagar dan Pembuatan Biodiesel
      Tumbuhan jarak merupakan tanaman penghasil minyak yang sudah digunakan masyarakat sejak zaman dulu, kemudian tanaman ini dibudidayakan secara besar-besaran ketika zaman penjajahan Jepang.
Dari 10 kilogram buah bisa dihasilkan 3,5 liter minyak jarak yang sama kualitasnya dengan solar. Bedanya tipis sekali, yakni minyak jarak memiliki lebih banyak oksigen dan nilai kalorinya lebih rendah dari solar. Keduanya membuat proses pembakaran pada minyak jarak lebih sempurna dan bersih.
Berikut adalah cara - cara untuk membuat minyak tumbuhan jarak pagar:
1.    Cara 1: Biji direndam sekitar 5 menit di dalam air mendidih, kemudian ditiriskan sampai air tidak menetes lagi. Biji jarak dijemur selama dua hari, setelah itu dipecahkan untuk memisahkan daging dan kulit biji jarak. Daging biji jarak digiling dan diperas. Tiga kilogram biji jarak menghasilkan satu liter minyak jarak (Jatropha curcas oil).

2.    Cara 2: Cukup dengan mengukus 50 kilogram buah jarak selama satu jam. Lalu daging dihancurkan dengan mesin blender. Setelah itu, daging buah dan biji yang sudah dihancurkan dimasukkan ke dalam mesin tempa minyak. Dengan penekanan dongkrak hidrolik, ampas diperas hingga menghasilkan minyak (Jatropha curcas oil). Proses pengepresan biasanya meninggalkan ampas yang masih mengandung 7 – 10 % minyak. Rendemen(ampas) yang berbentuk padatan setelah ekstraksi minyak dari biji dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan pupuk organik.

Jatropha curcas oil merupakan minyak kasar yang belum dapat dimanfaatkan sebagai biodisel karena Jatropha curcas oil harus melewati 2 tahap lagi untuk menjadi biodiesel/alternatif  BBM. Jatropha curcas oil harus melewati tahap:
a.     Reaksi Esterifikasi
       Jatropha curcas oil mempunyai komponen utama berupa trigliserida dan asam lemak bebas. Asam lemak bebas harus dihilangkan terlebih dahulu agar tidak mengganggu reaksi pembuatan biodiesel (reaksi transesterifikasi). Penghilangan asam lemak bebas ini dapat dilakukan melalui reaksi esterifikasi. Secara umum reaksi esterifikasi adalah sebagai berikut. Pada reaksi ini asam lemak bebas direaksikan dengan metanol menjadi biodiesel sehingga tidak mengurangi perolehan biodiesel. Tahap ini menghasilkan Jatropha curcas oil yang sudah tidak mengandung asam lemak bebas, sehingga dapat dikonversi menjadi biodiesel melalui reaksi transesterifikasi.
b.     Reaksi Transesterifikasi
       Reaksi transesterifikasi merupakan reaksi utama dalam pembuatan biodiesel. Secara umum reaksi transesterifikasi adalah sebagai berikut. Pada reaksi ini, trigliserida (minyak) bereaksi dengan metanol dalam katalis basa untuk menghasilkan biodiesel dan gliserol (gliserin). Sampai tahap ini, pembuatan biodiesel telah selesai dan dapat digunakan sebagai bahan bakar yang mengurangi pemakaian solar.


D.    Manfaat Minyak Tumbuhan Jarak Pagar
       Setelah minyak tumbuhan jarak pagar dihasilkan yang berasal dari biji tumbuhan jarak pagar kemudian dilanjutkan oleh proses reaksi esterifikasi hingga proses reaksi transesterifikasi maka akan dihasilkan produk sampingan dari proses transesterifikasi (metilasi) yang dapat diperdagangkan sebagai bahan baku industri yang memanfaatkan asam lemak, seperti kertas berkualitas tinggi (high quality paper), pil energi, sabun, kosmetik, obat batuk, dan agen pelembab pada tembakau.



BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
      Berpijak dari pembahasan yang telah dijelaskan diatas maka dapat disimpulkan bahwa tumbuhan Jarak pagar (Jatropha curcas L, Euphorbiaceae) merupakan tumbuhan semak berkayu yang banyak ditemukan di daerah tropik dan merupakan tanaman yang dapat menghasilkan minyak yang berasal dari bijinya. Minyak yang dihasilkan oleh biji tumbuhan jarak pagar akan diolah kembali melalui beberapa proses reaksi sehingga menghasilkan minyak yang dapat digunakan sebagai bahan bakar penunjang kebutuhan manusia yakni biodiesel yang diharapkan dapat digunakan sebagai bahan bakar yang mengurangi pemakaian solar serta lebih ramah lingkungan. Selain itu pemanfaatan minyak tumbuhan jarak pagar dapat digunakan sebagai bahan baku industri yang memanfaatkan asam lemak, seperti kertas berkualitas tinggi (high quality paper), pil energi, sabun, kosmetik, obat batuk, dan agen pelembab pada tembakau. Dengan demikian minyak tumbuhan jarak pagar dapat disebut sebagai sumber energi alternatif yang dapat digunakan secara maksimal di kelak masa depan.

B.     Saran
      Untuk mengurangi angka ketergantungan masyarakat terhadap sumber energi yang berasal dari sumber daya alam tidak dapat diperbarui, maka alangkah baiknya bila pemerintah mendukung serta memproduksi sumber energi biodiesel yang berasal dari minyak tumbuhan jarak pagar secara maksimal sehingga dapat berguna bagi masyarakat luas.



DAFTAR PUSTAKA
http://Wikipedia.com/tumbuhan-jarak-pagar/manfaat tumbuhan jarak pagar.
http://ponorogozone.com/umum-zone/cara-membuat-minyak-jarak/>> Cara Membuat Biodiesel dari Buah Jarak Pagar.
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar